Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
Pavot de Lune

Pavot de Lune menyajikan berbagai hal dalam kehidupan yang terabadikan dalam bentuk photograph atau gambar kamera

10 Bangunan PENCAKAR LANGIT Paling Indah didunia

Posted on September 11 2016 by pavot-de-lune in Desain Bangunan

Saya emang senang banget nulis postingan unik yg kira-kira belom ada di blog lain. Lebih-lebih kalo soal arsitektur, excited banget deh nulisnya. Saya gak ngerti gimana cara ngebangun ini bangunan, gak cuma modal beli baja wf 200 doang kayaknya. Terlebih serta tepat nggak ada agenda backpacking, cukup utk ngabisin kata. Nah, kali ini saya bakal membahas 10 gedung pencakar langit paling indah didunia. Gedung-gedung pencakar langit ini bergaya klasik & bagus banget deh gaya arsitekturnya. Ini ia 10 gedung pencakar langit paling indah di dunia!

1. Flatiron Building (New York)

Flatiron Building atau Fuller Building berlokasi di 175 Fifth Avenue, Manhattan, New York. Dikala kelar dibangun terhadap th 1902, gedung ini pernah jadi gedung paling tinggi di dunia lho. Ada narasi unik lho soal gedung ini. Konon wujud gedung yg berbentuk segitiga meruncing ini tidak jarang memunculkan angin kencang yg menyibak rok-rok cewek yg melalui di depan gedung ini. Waduh, Girl’s generation janganlah melalui gedung ini!!! Oya, gedung ini pula jadi markas Daily Bugle, lokasi Peter Parker bekerja di film Spider-Man.

2. Municipal Building (New York)

Manhattan Municipal Building ialah gedung setinggi 40 lantai yg beralamat di 1 Centre Street (kalo2 ada yg ingin kirim parcel lebaran). Konstruksi gedung ini dimulai sejak 1907 & kelar 1914. Gedung ini diarsiteki oleh William M. Kendall bersama gaya arsitektur Beaux-Arts. Gedung ini sempat juga jadi area syuting film “Ghostbusters” 1984. Oya ini satu-satunya gedung milik pemerintah di daftar ini (yang lain punyai swasta). Wah, moga2 aja pemerintah kita nggak minta gedung sebagus ini ya hehehe.

Baca: Daftar menara-menara paling indah di dunia

3. Met-Life Building (New York)

Met-Life Building atau kepanjangannya Metropolitan Life Tower terletak di Madison Avenue, Manhattan. Gedung ini dirancang oleh Napoleon LeBrun & dibangun menyerupai Campanile (menara lonceng gereja Basilica St. Mark) di Venezia, Italia. Gedung ini pernah jadi gedung paling tinggi didunia sampai th 1913. Gedung ini pun populer sebab 4 buah jam yg terletak di tiap segi menaranya. Tiap jam mempunyai diameter 8 meter & tiap angkanya mempunyai ukuran sampai 1,2 m. Bahkan jarum jamnya saja mempunyai berat satu ton! Wow!

4. Helmsley Building (New York)

Helmsley Building yakni gedung setinggi 35 lantai yg terdapat di 230 Park Avenue. New York. Gedung ini sempat muncul di poster film Batman “The Dark Knight”. Bidang puncaknya keren banget detailnya, tetapi kalo dipikir-pikir ngapain ya bikin puncak gedung bagus2 begini, kan nggak sanggup di lihat kecuali pake helikopter?

5. Woolworth Building (New York)

Woolworth Building (huh sulit banget namanya) dirancang oleh Cass Gilbert terhadap th 1913 atas perintah seseorang entrepreneur bernama Frank Woolworth yg berambisi membangun gedung teratas di dunia. Gedung setinggi 57 lantai ini bergaya arsitektur neo-gotik kayak gereja2 Eropa & pernah dijuluki “Cathedral of Commerce” (Katedral Perniagaan). Gedung ini muncul di serial dalam Ugly Betty yang merupakan ruang Betty bekerja. Gedung ini pula muncul di film “Cloverfield” & di klimaks film Disney “Enchanted”.

6. Chrysler Building (New York)

Chrysler Building yakni sample klasik gedung bergaya arsitektur art-deco yg terletak di Turtle Bay, Manhattan, New York. Gedung setinggi 319 m ini sempat jadi gedung teratas didunia, ngalahin Menara Eiffel (wah, bagus), sebelum hasilnya dikalahin oleh Empire State Building terhadap th 1931. Tapi, gedung ini masihlah jadi gedung batu bata (non-beton) paling atas di dunia. Gedung ini dirancang oleh William van Allen atas perintah satu orang entrepreneur bernama Walter P. Chrysler.

Baca: Lihat istana paling indah di dunia

7. Wrigley Building (Chicago)

Wrigley Building terletak di Michigan Avenue, Chicago, serasi di sebelah Tribune Tower. Gedung ini di desain oleh Graham Anderson kepada th 1920 dgn meniru wujud menara Giralda di Katedral Seville, Spanyol. Gedung ini serta jadi satu-satunya gedung berkonsep arsitektur Moorish khas Islam kepada daftar ini. Gedung ini mempunyai menara jam setinggi 190 m (30 lantai) dgn jam berdiameter nyaris 6 m di tiap sisinya.

8. Jewelers Building (Chicago)

35 East Wacker Building atau Jewelers Building yakni gedung setinggi 40 lantai (159 m) di Chicago, Amerika Serikat. Gedung ini terletak di Wabash Avenue & berhadapan cepat dgn Sungai Chicago. Gedung dibangun terhadap th 1925-1927 & dirancang oleh Joachim G. Giaver & Frederick P. Dilkenberg. Bangunan ini sempat lho jadi bangunan paling atas di dunia di luar Kota New York. Gedung ini sempat juga muncul juga sebagai setting film “Batman Begins” & di klimaks film “Transformer 3 : Dark of The Moon”. Duh, inget banget deh adegannya Decepticons ama Autobot gelantungan di cupola berkubah ini.

9. Temple Building (Chicago)

Chicago Temple Building ialah gedung setinggi 23 lantai (173 m) yg terletak di 77 Washington Street, Chicago & jadi markas kongregasi Gereja Metodis. Bangunan ini rampung 1924 & di desain oleh Holabird dan Roche dgn gaya arsitektur neo-gotik. Bangunan ini satu-satunya gedung di daftar ini yg dipakai utk fungsi keagamaan.

10. Tribune Tower (Chicago)

Tribune Tower yaitu suatu bangunan bergaya neo-gotik yg terletak di North Michigan Avenue, Chicago & dianggap sbg salah satu landmark kota tersebut. Gedung yg selesai dibangun terhadap 1925 ini mempunyai keunikan, adalah terhadap lantai dasarnya terdapat fragmen atau pecahan batu dari beragam area populer, seperti Taj Mahal, Hagia Sophia, Piramid Giza, Notre Dame, Kuil Parthenon Yunani, Tembok Akbar Cina, Tembok Berlin, Angkor Wat, bahkan pecahan baja WTC sampai batu bln. Gedung ini serta bisa saja tak asing utk peminat Transformers soalnya sempat dijadikan arena duel Autobots & Decepticons di Dark of The Moon. Tetap ingat tuh adegannya, Ciat…ciat…U kill my brother (lho kok menjadi duel silat?).

BONUS

Menara Katedral Antwerp (Belgia)

Katedral Antwerp atau nama resminya Cathedral of Our Lady yaitu gereja paling besar & teratas di Belgia. Sekilas di lihat, menara gereja ini memang lah bak suatu pencakar langit. Walau terlihat megah, sebenarnya gereja ini nyata-nyatanya tidak sempat selesai pembangunannya. Menurut ide awal, semestinya gereja ini mempunyai dua menara. Tetapi sampai waktu ini yg rampung cuma satu menara saja. Gereja ini dibangun terhadap 1352-1521 atau memakan dua ratus thn. Yap, dgn tehnologi abad pertengahan yg seadanya, pembangunan gereja-gereja megah benar-benar memakan diwaktu sampai beberapa ratus th.

Seven Sisters (Rusia)

Seven Sisters ialah proyek ambisius Uni Sovyet buat menyaingi pencakar2 langit yg ada di Amerika Serikat. Cocok namanya, ada tujuh bangunan pencakar langit yg dibangun di wilayah Uni Sovyet disaat itu, sejak mulai dari Moscow sampai Ukraina.

International Finance Building (Hong Kong)

International Finance Centre (IFC) ialah gedung jangkung yg terletak di jantung kota Hong Kong. Asal tahu saja, kota Hong Kong nyata-nyatanya menaruh lebih tidak sedikit gedung pencakar langit ketimbang New York. IFC sebenarnya terdiri dari 2 gedung, yakni menara 1IFC setinggi 88 lantai & 2IFC setinggi 55 lantai. Gedung ini saat ini yaitu gedung kedua paling atas di Hong Kong, gedung ke-4 paling tinggi di Cina, & gedung ke-8 paling tinggi di dunia.

Gedung ini sempat muncul di film “Lara Croft Tomb Raider : The Cradle of Life” & “The Dark Knight”. Wah bagus serta ya gedung ini. Gedung ini memang lah gedung canggih, tidak serupa dgn gedung yang lain di daftar ini yg bergaya klasik. Tetapi saya teramat senang gedung ini lantaran wujudnya yg anggun (agak melengkung di bidang atasnya). Tidak heran, gedung ini tampak menonjol dalam panorama Hong Kong.